3 Tanda Bahwa Belum Saatnya untuk Ajukan Pinjaman Tunai

CategoriesOthers

Tak bisa dipungkiri, pinjaman tunai online yang marak belakangan ini memang sangat memudahkan kita. Bagaimana tidak? Prosesnya pengajuannya cukup melalui online. Dalam hitungan hari bahkan jam, pengajuan bisa disetujui dan pinjaman bisa segera digunakan. Berbeda dengan pengajuan pinjaman melalui lembaga kredit konvensional yang membutuhkan banyak tahapan dan memakan waktu panjang.

Namun di balik kemudahan pinjaman tunai tersebut, utang tetap lah utang. Kamu para debitur, tetap memiliki kewajiban untuk membayarnya kembali. Untuk itu, penting sekali mengetahui kondisi keuangan sebelum menambah utang baru. Apabila kamu memiliki 3 tanda berikut ini, artinya belum saatnya kamu mengajukan utang baru, karena hal tersebut justru bisa menambah beban keuanganmu.

Total tagihan lebih dari 30% penghasilan bulanan

Hampir setiap pakar keuangan mengatakan bahwa idealnya, jumlah cicilan maksimal dalam sebuah keluarga tak boleh lebih dari 30% penghasilan bulanan. Coba hitung dan akumulasikan seluruh utang yang kamu miliki saat ini. Mulai dari KPR, kredit kendaraan, KTA, hingga cicilan tanpa kartu kredit. Apabila ternyata total cicilan yang harus dibayarkan jumlahnya lebih dari 30% penghasilan, artinya kondisi keuangan mulai tak sehat. Kamu pun nantinya bisa kesulitan dalam memenuhi kebutuhan harian. Bahkan lebih parahnya, jika kamu memaksakan berutang ketika kondisi keuangan sedang buruk, bisa-bisa kamu terjerat utang di kemudian hari.

Selalu membayar cicilan dengan jumlah seminim mungkin

Apakah kamu mulai secara rutin membayar tagihan dengan jumlah seminim mungkin? Misalnya membayar dengan minimum payment pada kartu kredit, atau membayar tagihan dengan jumlah paling kecil pada kredit online.  Langkah ini sangat digemari karena ketika memiliki utang yang menumpuk, namun uang yang dimiliki tidak mencukupi, kamu bisa tetap membayarnya sedikit.

Mulai merasa berat dengan cicilan yang datang

Merasa tertekan dan terbebani setiap mendapatkan email pengingat pembayaran tagihan? Artinya, utang yang dimiliki mulai berlebihan. Banyak orang yang akan menghindari tagihan tersebut dan malah tidak peduli atau bahkan tak mengurusnya sama sekali. Padahal, pembayaran tagihan tersebut merupakan kewajiban yang harus segera dipenuhi.

Itu dia 3 tanda bahwa belum saatnya kamu mengajukan pinjaman. Perbaiki dulu arus keuanganmu sebelum mengajukan utang baru. Jika sudah cukup baik, maka sah-sah saja untuk mengajukan pinjaman tunai.

Kredivo, penyedia layanan pinjaman tunai yang aman dan tepercaya

Tapi, pastikan juga bahwa penyedia layanan pinjaman tunai yang dipilih sudah pasti aman dan tepercaya. Salah satu fintech tepercaya yang bisa dipilih adalah Kredivo. Memiliki cara kerja yang mirip dengan kartu kredit, bentuk pinjaman yang diberikan Kredivo berbentuk limit kredit mencapai Rp30 juta, untuk digunakan belanja online dan offline, serta untuk dicairkan dalam bentuk tunai.

Bunga yang dikenakan Kredivo untuk belanja mulai dari nol persen untuk tenor 30 hari, atau 2,95 persen per bulan untuk tenor 3, 6, dan 12 bulan. Sedangkan untuk pinjaman tunai, bunga yang dikenakan mulai dari 2,95 persen hingga 4 persen per bulan untuk tenor 3 hingga 6 bulan. Kredivo telah mengantongi izin OJK, sehingga tak perlu diragukan keamanannya.

About the author