4 Kriteria Data Center yang Berfungsi Optimal

CategoriesOthersTagged , , , , , , , , , ,

Layanan penyimpanan serta perlindungan data sangat diperlukan agar bisa diakses setiap saat dibutuhkan. Komunikasi data juga terjamin kelancarannya jika menggunakan data center yang berfungsi optimal. Anda bisa memenuhi semua kebutuhan informasi jika mendapatkan jasa pusat data yang tepat. Inilah 4 kriteria pusat data yang fungsinya optimal.

  1. Availability

Pusat data yang fungsinya optimal tentu saja harus mempunyai availability yang mampu memberikan operasi berkelanjutan atau terus menerus untuk semua organisasi. Keberlanjutan operasional tersebut tidak hanya terjadi saat kondisi normal, namun juga ketika sedang terjadi kerusakan atau persoalan sistem. Hal ini terkait perhatian terhadap kelancaran akses data.

Jadi, pusat data yang mempunyai availability adalah pihak jasa yang kredibel dalam menyediakan layanan. Agar tetap mampu menjaga dan mengatasi keberlanjutan penyimpanan dan pengaksesan data, pusat data harus melakukan berbagai hal, mulai dari pemantauan, perawatan, pemeriksaan, penanganan, dan pengembangan.

Serangkaian tindakan tersebut harus dilakukan dengan prosedur yang baik agar menghasilkan sistem pusat data yang terbaik. Selain itu, upaya pengamanan perlu dilakukan secara komprehensif atau menyeluruh secara fisik dan non fisik agar semua data aman. Pengamanan yang ketat juga akan menjamin keberlanjutan penyimpanan dan pengaksesan data organisasi.

  1. Scalability

Skalabilitas adalah salah satu kriteria dari pusat data yang berfungsi optimal. Apabila fungsinya berjalan optimal, maka semakin tinggi skalabilitas suatu pusat data. Dengan demikian, suatu pusat data akan mampu menyediakan banyak ruang penyimpanan dengan kapasitas besar di setiap rak penyimpanannya.

Selain itu, sumber daya yang dibutuhkan serta instalasi yang dibangun juga siap menjamin banyaknya server yang akan disimpan. Dengan kesiapan sistem tersebut, Anda akan mendapatkan jaminan keberlanjutan penyimpanan data dalam jumlah besar untuk jangka panjang. Skalabilitas yang baik juga merupakan pengukur kualitas sebuah data center.

  1. Flexibility

Kriteria berikutnya adalah flexibility. Pusat data yang berfungsi optimal tentu saja bersifat fleksibel. Dalam menjalankan fungsinya, pusat data tersebut bisa menyediakan layanan secara optimal. Selain penyimpanan yang tetap aman dan memadai, layanan akses data tetap berjalan lancar. Jadi, setiap user bisa mendapatkan data di mana pun dan kapan pun.

Dengan instalasi sistem terbaiknya, sifat yang fleksibel ini menjadi layanan optimal bagi setiap user. Selain mendapatkan data, kemudahan dalam menambah, mengganti, mengubah data juga dapat dilakukan dengan baik apabila pusat data berfungsi optimal. Sistem penyimpanan akan tetap memadai. Semua akses juga bisa dilakukan kapan pun di mana pun.

  1. Security

Pusat data yang berfungsi optimal juga mempunyai kriteria security atau keamanan yang baik. Pusat data tentunya menyimpan beragam data berharga dari berbagai organisasi. Oleh karena itu, sistem keamanan pasti akan tersedia dan dijamin oleh pusat data yang berkualitas. Untuk itu, pastikan pihak jasa yang bersangkutan mempunyai sistem pengaman data.

Kriteria keamanan penyimpanan data ini sangat penting dan diharapkan sudah terstandardisasi. Sistem pengaman yang baik juga tersedia dalam bentuk fisik dan non fisik. Dengan kriteria keamanan yang terjamin ini, semua data penting akan terjaga kerahasiaannya dan bisa terhindar dari kecurangan pihak ketiga yang akan mengakses data tanpa izin.

Dalam menjamin kegiatan operasional yang lancar setiap saat, pilihlah jasa data center yang berfungsi optimal. Keempat kriteria tersebut tepat sebagai acuan dalam memilih jasa yang tepat. Meski demikian, Anda tak perlu cemas karena Lintasarta siap memberikan pelayanan optimal dengan memenuhi semua kriteria tersebut. Komunikasi data akan selalu lancar.

About the author