5 Tips Mudah Ajari Anak Menggosok Gigi dengan Benar

 

Perawatan pada anak harus dilakukan agar pertumbuhannya dapat berjalan dengan baik. Penting untuk bisa menjaga kebersihan anak agar terhindar dari berbagai kuman dan penyakit. Gigi adalah bagian penting yang harus dijaga kebersihannya agar tidak terjadi masalah pada pertumbuhannya.  Ini tips belajar parenting anak untuk bisa menggosok gigi dengan benar.

  1. Kenalkan Anak pada Peralatannya

Tips pertama sekali yang perlu dilakukan adalah mengenalkan anak pada peralatan yang dibutuhkan untuk menggosok gigi. Penting untuk Anda mengenalkan apa itu sikat gigi dan odol gigi agar anak memahaminya. Tunjukkan cara menggunakannya secara perlahan dengan benar. Lakukan pengenalan ini dengan rutin setiap kali akan mandi.

  1. Berikan Anak Pilihan

Anak-anak akan cenderung cepat memahami jika ia suka untuk melakukannya. Anda bisa memberikan pilihan pada anak sikat gigi yang disukainya. Bawalah anak ke swalayan atau supermarket untuk memilih jenis sikat gigi yang disukainya. Biasanya akan identik dengan hiasan kecil pada bagian pegangan sikat gigi.

Pastikan sikat yang dipilih anak tersebut memiliki bagian bulu yang lembut sehingga tidak melukai anak saat digunakan. Pilihkan pula odol yang khusus anak-anak agar tidak terasa pedas atau pun pahit saat digunakan. Pilihan yang tepat jika menggunakan odol dengan aroma dan citarasa buah-buahan.

  1. Lakukan Bersama

Dalam belajar parenting anak untuk menggosok gigi ini Anda harus melakukannya bersama-sama karena anak-anak cenderung cepat dalam hal meniru. Ketika anak melihat Anda melakukannya maka dia akan mereka polanya dan melakukan hal yang sama.

Lakukan kegiatan menggosok gigi bersama pada pagi dan sore hari saat akan mandi. Arahkan anak jika Anda melihatnya kesusahan untuk meniru atau melakukannya. Bersabarlah untuk memberitahu anak dengan menggunakan kata-kata yang tidak membuatnya takut.

  1. Gunakan Cermin

Cermin dapat membantu Anda untuk membuat anak lebih paham dalam menyikat gigi. Lakukan bersama-sama dengan menghadap ke cermin. Jadi sebisa mungkin untuk menyediakan cermin khusus di kamar mandi. Anak akan melihat apakah yang dilakukannya sudah sama dengan Anda atau belum, sehingga anak bisa memahami teknik yang benarnya dengan lebih mudah.

  1. Berikan Pujian

Setiap kali mengajari anak penting untuk memberikan pujian yang tujuannya untuk membuat anak merasa senang dan lebih bersemangat. Ketika anak sudah selesai menggosok gigi katakan bahwa giginya sudah bersih dan putih. Hal ini akan membuat anak terdorong untuk selalu melakukan aktivitas menggosok gigi agar giginya putih dan bersih.

Pola asuh terhadap anak merupakan bagian penting yang harus dipahami oleh semua orang tua terutama ibu. Belajar parenting untuk bisa mengajari anak dan menghadapinya dengan baik adalah hal yang penting dilakukan sebelum menikah. Tujuannya agar memiliki pengetahuan yang baik sehingga tidak kebingungan untuk mengajari anak dalam berbagai aktivitas penting.

shares