Lakukan 4 Hal Ini sebelum Muncul Tanda-Tanda Mau Melahirkan

CategoriesOthers

Proses persalinan yang akan datang pasti membuat kita cemas, senang, khawatir hingga rasa takut yang bercampur menjadi satu. Untuk proses persalinan yang lancar, maka kita harus memastikan bahwa setiap persiapan telah dilakukan dengan baik. Anda bisa melakukan tips ini sebelum muncul tanda tanda mau melahirkan.

  1. Mengikuti Kelas Persalinan

Kelas persalinan menjadi persiapan yang sangat membantu, bukan hanya memberikan latihan fisik tapi kelas ini juga memberikan pemahaman tentang tahap-tahap persalinan, teknik pernapasan, cara relaksasi dan apa saja yang perlu disiapkan. Kelas persalinan ini sangat penting, terutama bagi Anda yang baru pertama hamil.

Terdapat banyak jenis kelas persalinan yang bisa Anda pilih, mulai dari kelas yoga, meditasi, senam hamil dan lain sebagainya. Pastikan jika instruktur yang Anda pilih merupakan instruktur berpengalaman dan terpercaya sehingga dapat membantu proses persalinan menjadi lebih mudah dan cepat. Sang ibu pun menjadi lebih siap.

  1. Carilah Rumah Sakit atau Tempat Lain untuk Proses Persalinan

Penting bagi kita untuk mempersiapkan dimana akan dilakukan persalinan. Meskipun terdapat banyak tempat medis, seperti rumah sakit, puskesmas, klinik ataupun tempat praktik bidan, tapi kita sudah harus menentukan kemana tujuan nantinya ketika tanda-tanda mau melahirkan sudah terlihat jelas sehingga kita tidak bingung lagi.

Anda juga bisa memesan ruang jauh-jauh hari sebagai antisipasi persalinan mendadak. Reservasi kamar sebelum proses persalinan akan membantu Anda menjadi lebih tenang dan tidak terburu-buru dalam mengambil keputusan. Anda juga bisa memenuhi berbagai persyaratan administrasi terlebih dulu.

  1. Menyiapkan Tas dan Isinya

Meskipun waktu kehaliran bisa diprediksi, tapi tetap saja kita tidak bisa mengetahui waktu pastinya. Untuk itu, semua persiapan harus dilakukan sebelum terjadinya proses persalinan, mulai dari keperluan sang ibu hingga keperluan bayi. Semua harus sudah disiapkan dalam satu atau beberapa tas yang mudah dijangkau.

Anda bisa mengemas keperluan tersebut jauh-jauh hari dan meletakkan tas pada tempat yang mudah dijangkau. Jadi, ketika muncul tanda akan melahirkan, Anda bisa langsung membawa tas tersebut dan menuju tempat bersalin. Pastikan semua barang yang diperlukan sudah dimasukkan semua sesuai dengan kebutuhan ibu dan bayi.

  1. Membicarakan Opsi Persalinan

Opsi persalinan harus dibicarakan terlebih dahulu dengan dokter dan pasangan. Seperti yang kita tahu, ada dua opsi persalinan yang bisa dipilih, yaitu persalinan spontan atau normal dan persalinan dengan operasi atau caesar. Keduanya memiliki keuntungan dan kekurangan yang berbeda sehingga harus dipertimbangkan dulu.

Opsi persalinan ini tidak boleh diputuskan tanpa adanya dasar karena tergantung dengan kondisi sang ibu dan juga janin dalam kandungan. Oleh karena itu, dokter akan melakukan pemeriksaan terlebih dahulu dan berdasarkan kondisi kehamilan selama ini bisa menjadi penentu, opsi persalinan mana yang terbaik.

Demikia beberapa hal yang harus Anda lakukan sebelum tanda-tanda mau melahirkan muncul. Untuk mendapatkan informasi menarik dan bermanfaat lainnya, Anda bisa mengunjungi Orami Magazine di orami.co.id.

About the author